TIPS SEHAT & BUGAR SELAMA RAMADHAN 1432H

TIPS SEHAT & BUGAR SELAMA RAMADHAN 1432H
  1.     NIAT BERPUASA
      Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Di ketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat berpuasa lebih rendah dari pada orang yang kelaparan, hal ini di karenakan niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar diotak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.

2.     TETAP MAKAN SAHUR
     Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dan melakukan aktivitas seharian. Bila tidak makan sahur seseorang akan mudah menjadi Hipoglikemia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal itu menyebabkan tubuh merasa cepat lesu,loyo dan mengantuk bahkan mudah marah.
3.     HINDARI MAKANAN & MINUMAN YANG MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR
Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar,badanpun akan cepat merasakan lemah dan lesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat dibanding jenis makanan lain.
4.       SEGERA BERBUKA PADA WAKTUNYA
Segerakan berbuka dengan makanan manis seperti kurma, sebab makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi, Makanlah dan minumlah secukupnya agar beban lambung tidak terlalu berat setelah berjam-jam kosong. Makan yang terlalu banyak pada saat berbuka akan menyebabkan sebagian besar darah pendistribusian ke alat pencernaan akibatnya aliran darah ke otak menjadi sedikit, tubuh menjadi lemas mengantuk dan malas berfikir.
“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihanSesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”(QS.Al-A’raf:31)
5.                  5.     BEROLAHRAGA DIBULAN RAMADHAN
             Salah satu cepat lelah di bulan ramadhan adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang paling tepat dibulan ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) sebelum atau sesudah berbuka. Tidak di anjurkan berolahraga berat disaat berpuasa.
6.                 6.      MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT
          Ketika berpuasa kegiatan makan dan minum terhenti total sehingga produksi kelenjar air liyur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu di anjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis sahur agar senantiasa sisa-sisa makanan tidak tertinggal dan membusuk dirongga mulut yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.
 
AGAR BERPUASA BERBUAH TAQWA
Agar puasa berbuah Taqwa, tidak hanya menahan rasa lapar dan dahaga serta keinginan syahwat tetapi harus juga menjaga hal-hal sebagai berikut :
1.       Memincingkan mata/menjaga mata dari pandangan yang tercela dan dimakruhkan serta menghindarkan diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan hati menjadi bimbang dan lalai mengingat Allah Swt.
Pandangan mata adalah panah beracun dari panah iblis,Maka barang siapa yang meninggalkan karena takut kepada Allah niscaya Allah akan memberinya iman dan mendapatkan manisnya iman dalam hatinya”
2.       Menjaga lisan dan perkataan yang sia-sia, berdusta, ghibah, mencari kesalahan-kesalahan pada orang lain, berkata keji dan sejenisnya. Maka di anjurkan perbanyak dzikir kepada Allah Swt.
Buakanlah puasa itu dari makan dan minum saja tetapi juga dari perkataan kotor dan caci maki.”
3.       Mencegah hal-hal pendengaran yang makruh dan hal-hal yang haram di ucapkan.
Orang-orang yang mengumpat(ghibah) dan orang-orang yang mendengarkannya adalah berdosa.”
4.       Mencegah semua anggota badannya dari perbuatan dosa.
Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak ada hasilnya yang ia peroleh kecuali lapar dan dahaga.”
5.       Tidak memperbanyak makan sewaktu berbuka dan saat setelah sahur (secukupnya).
“Tidak ada karung yang lebih dibenci Allah dari pada perut yang kekenyangan dengan makanan halal.”
6.       Sesudah berbuka puasa hatinya terguncang antarharap dan cemas karena dia tidak tahu apakah puasanya hari ini di terima atau tidak. Dengan ini dia akan sangat berharap kepada Allah berdo’a agar senantiasa ibadahnya diterima dan sekaligus dia akan meneliti apakah ada hal-hal yang ibadahnya tertolak sehingga dia akan lebih hati-hati untuk hari esoknya.
Sesungguhnya puasa adalah amanat maka hendaklah kamu menjaga amanat tersebut”.
Bukankah puasa itu dari makan dan minum saja.akan tetapi juga dari perkataan yang kotor dan caci maki.”
“TARGET AMALAN RAMADHAN”
@ Khatam Al-Qur’an minimal 1x
@ Membaca tafsir/terjemahan Al-Qur’an minimal 1/3 Al-Qur’an
@ Shalat 5 waktu berjamaah
@ Shalat sunah/rawatib minimal yang muakad
@ Memberi buka orang yang berpuasa, minimal 1x
@ Berinfaq setiap harinya(seadanya/semampunya)
@ I’tikaf minimal 3hari
@ Evaluasi amal setiap hari
@ Membaca buku-buku islam, minimal 1buku

DO’A MENYAMBUT RAMADHAN
“Ya Allah selamatkanlah aku untuk Ramadhan dan selamatkanlah Ramadhan untukku dan selamatkanlah dia(Ramadhan) dariku dan terimalah segala amal ibadahku”

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHAUM RAMADHAN 1432H
SEMOGA RAMADHAN KALI INI LEBIH BERMAKNA DAN SEMOGA ALLAH SWT MENERIMA AMAL IBADAH KITA
                               
  DEWAN PENGURUS CABANG
  PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
 JL.SOLO-PURWODADI KM.15 SENTULAN KALIJAMBE         TLP :081-265-265-26                 
   Website   :http://pks-kalijambe.blogspot.com
 
Powered by Blogger